"Mari kita sukseskan Universal Health Coverage (UHC) / Jaminan Kesehatan Bagi Warga Kota Probolinggo. Sudahkah anda terdaftar...???"

Peningkatan Kapasitas Kader Tentang Penanggulangan Gangguan Pengelihatan dan Pendengaran

Berbagai upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan Indera Penglihatan dan Pendengaran Masyarakat, meliputi Pelayanan Promotif, Preventif, Kuratif dan Rehabilitatif, merupakan tanggungjawab bersama Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota serta masyarakat.

Indra Penglihatan sangat menentukan kualitas sumber daya manusia karena 83 % informasi sehari-hari masuk melalui indera penglihatan dan 11 % melalui indera pendengaran. Indonesia memiliki prevalensi ketulian yang cukup tinggi di Asia Tenggara sebesar 4,6%. Menurut WHO,2010 hampir 80% gangguan penglihatan dan kebutaan dapat dicegah melalui upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

Salah satu upaya Pemerintah Kota Probolinggo dalam meningkatkan derajat kesehatan indera penglihatan dan pendengaran adalah melalui Pertemuan Peningkatan Kapasitas Kader tentang Penanggulangan Gangguan Penglihatan dan Pendengaran tahun 2019. Pertemuan yang dihadiri 200 orang ini terdiri dari 29 ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan se Kota Probolinggo dan 171 orang Kader Kesehatan . Dengan Nara Sumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan Ikatan Dokter Indonesia Cabang Kota Probolinggo. Pertemuan yang dilaksanakan pada tanggal 24 April 2019 di Aula Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kota Probolinggo ini mempunyai tujuan agar kader kesehatan mampu melaksanakan deteksi dini tentang Penanggulangan Gangguan Penglihatan dan Pendengaran.

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Probolinggo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *