Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Kota Probolinggo

Dampak Tidur Terlalu Malam

Tidur adalah salah satu hal yang dibutuhkan tubuh demi menjaga kesehatan dan kebugaran. Jangan sampai mengurangi jatah tidur atau bahkan terlambat untuk beristirahat. Sebab jika tidur di atas jam 12 malam, ada banyak risiko kesehatan yang mengancam. Berikut alasannya menurut

informasi dari Medical Daily.

A. SEBAB & ALASAN

1.Malam hari pukul 9 – 11

Pembuangan zat- zat tidak berguna / beracun (de-toxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik. Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan.

2.Malam hari pukul 11 – dini hari pukul 1

Saat pross de-toxin di bgian hati, harus blangsung dlm kondisi tidur pulas.

3.Dini hari pukul 1 – 3

Proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.

4.Dini hari pukul 3 – 5

De-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.

5.Pagi pukul 5 – 7

De-toxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar kecil.

6.Pagi pukul 7 – 9

Waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pukul 6:30. Makan pagi sebelum pukul 7:30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan pagi harap merubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pukul 9-10 daripada tidak makan sama sekali.

Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna. Selain itu,dari tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untukmemproduksi darah. Sebab itu, tidurlah yang nyenyak dan jangan terlalu sering begadang.

B. DAMPAK

1.Jam biologis tubuh

Jam biologis tubuh merupakan sebutan bagi tugas otak yang mengontrol selera makan, jadwal tidur, dan suasana hati seseorang. Jika Anda kerap tidur di atas jam 12 malam, otak mengalami kesulitan untuk membagi tugas dalam mengontrol semua hal itu karena jadwal istirahat cenderung berkurang. Akibatnya, jam biologis tersebut bisa rusak dan mempengaruhi kondisi fisik serta mental Anda.

2.Insomnia

Karena terbiasa tidur di atas jam 12 malam, Anda bisa menderita insomnia berkepanjangan. Tubuh pun akan merasa tetap bugar meskipun sudah lewat tengah malam. Jika dibiarkan, saat bangun Anda menjadi lemas karena tidak mampu memenuhi jatah tidur seperti yang disarankan, yaitu tujuh sampai delapan jam per hari.

3.Produktivitas

Tidur di atas jam 12 malam artinya memangkas jatah istirahat di siang hari. Akibatnya, saat berada di tempat kerja, Anda akan selalu mengantuk dan menurunkan produktivitas selama menyelesaikan tugas. Selain itu, mengantuk juga bisa meningkatkan risiko kecelakaan saat Anda melakukan perjalanan dari dan ke tempat kerja.

4.Sistem imun

Sehubungan dengan jam biologis tubuh yang juga berperan dalam membentuk sistem imun, kinerja otak ikut terhambat mengenai masalah ini. Tidur di atas jam 12 malam akhirnya menurunkan sistem imun, sehingga Anda berisiko tinggi terkena berbagai macam penyakit, mulai dari yang ringan sampai mematikan.

5.Penyakit kardiovaskular

Sebuah penelitian membuktikan bahwa kurang tidur mampu meningkatkan risiko kardiovaskular. Artinya, jangan tidur di atas jam 12 malam jika memang ingin memenuhi jadwal tidur harian dan mencegah penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

6.Kanker (Bukan Kantong Kering yaa ) .

Tidur enam jam atau kurang dalam semalam juga meningkatkan risiko kanker. Hal itu sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari Jepang. Menurut peneliti, hormon melatonin yang seharusnya diproduksi oleh tubuh berkurang jumlahnya jika jadwal tidur dikurangi. Sementara rendahnya hormon melatonin sendiri berkaitan erat dengan risiko kanker.

7.Obesitas

Selain melatonin, hormon pengendali nafsu makan juga mengalami gangguan ketika Anda suka tidur di atas jam 12 malam. Sebab tidur terlambat meningkatkan keinginan untuk ngemil. Padahal kebiasaan ngemil di malam hari kurang menyehatkan dan bisa berujung pada peningkatan berat badan sampai obesitas.

C. SARAN & SOLUSI

1.Harus menetapkan waktu tidur dan bangun yang tepat. Jadi jika kita tidur pada jam yang sudah kita tentukan, kita harus sudah pergi ketempat tidur. Lakukan ini setiap hari. Begitu juga dengan ketika kita bangun, kita harus juga menetapkan bangun pada waktu yang sudah kita tentukan dan lakukan ini setiap hari.

2. Sebaiknya tidak makan dan minum berlebihan ketika beranjak tidur. Ini juga akan menganggu kualitas tidur nyenyak kita. Usahakan jangan minum kopi, merokok atau meminum minuman beralkohol menjelang tidur. Karena hal itu pula yang menganggu kenyamanan tidur kita.

3. Membuat kondisi kamar kita lebih nyaman untuk tidur. Ini dapat dilakukan dengan mendengarkan musik yang beralunan lembut maupun menggunakan lampu kamar yang redup juga dapat membantu membuat kualitas tidur kita lebih nyenyak. Usahakan mematikan tv sebelum berangkat tidur. Agar tidak menganggu tidur kita di larut malam dengan kondisi tv yang masih menyala.

4. Usahakan tempat tidur yang kita gunakan dapat membuat kita sangat nyaman. Dalam hal ini jangan terlalu sempit sehingga kita sulit bergerak dikasur atau tempat tidur yang kita tempati.

5. Jika ingin kualitas tidur malam kita lebih nyenyak. Maka kita harus membatasi tidur siang kita. Dalam hal ini jangan sampai tidur siang kita terlalu lama. Usahakan tidur siang selama 10-30 menit saja. Hal ini untuk menjaga kualitas tidur malam kita lebih nyenyak.

6. Usahakan mengolahraga tubuh kita setiap hari. Ini bisa dilakukan di waktu pagi hari dengan olahraga pagi. Hal ini dapat membantu membuat kualitas tidur kita lebih terasa nyenyak.

7. Jika kita memiliki banyak tugas untuk esok hari atau memiliki banyak masalah esok harinya. Ada baiknya kita mencatatnya dalam buku yang berisi tentang tugas yang akan kita lakukan esok harinya atau berisi tentang segala solusi tentang berbagai masalah kita. Ini juga dapat membantu kualitas tidur kita lebih baik dan nyenyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *