Segenep Karyawan Dinas Kesehatan Kota Probolinggo mengucapkan "Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1440 H"

Rutinitas Pengawasan dan Pembinaan Pasar Tugu Alon-alon

Pangan merupakan kebutuhan mendasar bagi manusia dan pemerintah berkewajiban menjamin ketersediaan pangan dalam jumlah yang cukup, aman, bermutu, dan bergizi. Karena pangan sangat penting bagi pertumbuhan, pemeliharaan dan peningkatan derajat kesehatan, serta kecerdasan masyarakat untuk melaksanakan pembangunan nasional. sebagaimana diamanatkan dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.Pangan sebagai komoditas dagang memerlukan dukungan sistem perdagangan pangan yang jujur dan bertanggung jawab.

Sistem pengawasan pangan ini melibatkan sector produsen yang bertanggung jawab terhadap produk yang diproduksinya sebelum diedarkan Pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan bekerja sama dengan sector terkait dan Masyarakat berperan dalam pengawasan produk pangan setelah diedarkan. Pemerintah bertanggung jawab dalam menyelenggarakan pembinaan, pengaturan, pengendalian, dan pengawasan terhadap ketersediaan pangan yang tidak hanya cukup, tetapi juga harus bermutu, aman, dan bergizi.

Sedang masyarakat sebagai konsumen memiliki peran yang sangat luas dalam mewujudkan perlindungan bagi orang yang mengkonsumsi pangan dan menyampaikan permasalahan, masukan atau cara pemecahan mengenai hal-hal dibidang pangan.System pengawasan berlapis tersebut bukan hanya sebagai saringan terhadap peredaran produk pangan yang tidak memenuhi persyaratan mutu, manfaat dan keamanan, namun sebagai wadah sosialisasi dan pembinaan terhadap pelaku usaha.

 

Karena pelanggaran dibidang pangan tidak semata-mata terjadi karena ulah nakal produsen yang sengaja menambahkan bahan kimia berbahaya kedalam produk pangan tetapi beberapa diantaranya dikarenakan ketidaktahuan mereka tentang bahan tambahan yang mereka gunakan, tatacara produksi pangan yang baik, praktik sanitasi dan hygiene yang buruk dalam pengolahan pangan. Hal ini merupakan factor utama penyebab masalah global keamanan pangan, sehingga perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah dalam penetapan kebijakan. Pangan Jajanan memberi peranan yang cukup penting dalam memberikan asupan energi dan gizi bagi kita semua, akan tetapi tingkat keamanan pangan jajanan masih terabaikan tentang kondisi higienitas dan PHBS dari penjamahnya.

Dalam meningkatkan pengetahuan pada penjamah sekaligus untuk pembinaan dan pengawasan terhadap keamanan pangan jajanan tersebut Dinas Kesehatan Kota Probolinggo melalui Bidang P2PL dan sanitarian melakukan Inspeksi rutin pada pasar sabtu Minggu ( Pasar TUGU ) yang berada di alon-alon Kota Probolinggo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Facebook
Twitter
YouTube
Instagram