"Mari kita sukseskan Universal Health Coverage (UHC) / Jaminan Kesehatan Bagi Warga Kota Probolinggo. Sudahkah anda terdaftar...???"

Jaminan Kesehatan Nasional ( JKN ) Pembiayaan Pemerintah Kota Probolinggo

1. Siapakah Yang Boleh Mendapat Jaminan Kesehatan Melalui Pembiayaan Dari Pemerintah Kota?
JAWAB :

Seluruh Warga Kota Probolinggo Yang Sudah Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kota Probolinggo.

2. Bagaimana Cara Mendaftar Untuk Mendapat Jaminan Kesehatan Melalui Pembiayaan Dari Pemerintah Kota ? Dan Apa Saja Syaratnya ?
JAWAB :

Pendaftaran Kepersertaan Melalui Dinas Kesehatan Kota Probolinggo Dengan Membawa Persyaratan :

  • KTP Asli Dan Foto Copy Sebanyak 2 Lembar
  • Kartu Keluarga Dan Foto Copy Sebanyak 2 Lembar

Bagi Warga Yang Sudah Menjadi Peserta Bpjs Mandiri, Di Perbolehkan Untuk Mengubah ( Mutasi ) Kepesertaanya Dengan Syarat Harus Melunasi Terlebih Dahulu Tunggakan Pembayaran Selama Menjadi Peserta Bpjs Mandiri Dan Bukti Pembayaran Selama Menjadi Peserta Bpjs Mandiri Dan Menyerahkan Bukti Pembayaran Tunggakan Beserta Syarat Administrasi Diatas Kepada Petugas.

3. Apakah Manfaat Pelayanan Yang Diterima Bagi Peserta Jaminan Kesehatan Melalui Pembiayaan Oleh Pemerintah Kota?
JAWAB :

Hak pelayanan yang di terima sebagai berikut :
1) Untuk Di Fasilitas Kesehatan Tk. Pertama (FKTP) Yaitu Puskesmas Atau Klinik Yang Sudah Bekerjasama Dengan BPJS Maka Manfaat Yang Diterima Adalah Semua Pelayanan Kesehatan Sesuai Dengan Peraturan Presiden No.82. Tahun 2018.
2) Untuk Di Fasilitas Kesehatan Tk. Lanjutan (FKTL) Yaitu Rumah Sakit Maka Rawat Inapnya Di Kelas III, Dengan Semua Pelayanan Kesehatan Sebagaimana Diatur Dalam Peraturan Presiden No. 82 Tahun 2018.

4. Apakah Penerima Jaminan Kesehatan Melalui Pembiayan Pemerintah Kota Bisa Naik Kelas Perawatan Saat Rawat Inap Di Rumah Sakit?
JAWAB :
TIDAK BISA.

Apabila Penerima Jaminan Kesehatan Melalui Pembiayaan Pemerintah Kota Saat Rawat Inap Di Rumah Sakit Ingin Naik Kelas Perawatannya Maka Kepesertaan Akan Di Cabut Dan Pembayaran Pelayanan Kesehatan Akan Ditanggung Secara Mandiri Mulai Dari Awal Masuk Rumah Sakit Sampai Dengan Keluar.

2 thoughts on “Jaminan Kesehatan Nasional ( JKN ) Pembiayaan Pemerintah Kota Probolinggo

  • October 11, 2019 at 08:08
    Permalink

    Mohon maaf, pendaftaran JKN masih di buka? karena kemaren orang tua waktu periksa di puskesmas disuruh daftar ke Dinas Kesehatan dulu..terima kasih. Saya tunggu informasinya

    Reply
    • December 3, 2019 at 15:57
      Permalink

      Terima kasih ibu Dewi Santi, untuk informasi lebih jelas silahkan datang ke Dinas Kesehatan Kota Probolinggo. Jika Ibu hendak mendaftar, mohon juga dipersiapkan persyaratannya sebagaimana tersebut pada artikel diatas. Terima Kasih.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *