"Mari kita sukseskan Universal Health Coverage (UHC) / Jaminan Kesehatan Bagi Warga Kota Probolinggo. Sudahkah anda terdaftar...???"

Gerakan Serentak Timbang Balita (Gertak Talita) Kota Probolinggo

Salah satu program prioritas di bidang kesehatan saat ini adalah Penurunan stunting. Stunting terjadi karena kekurangan gizi kronis yang disebabkan oleh kemiskinan dan pola asuh tidak tepat, yang mengakibatkan kegagalan pertumbuhan, kemampuan kognitif tidak berkembang maksimal, mudah sakit dan berdaya saing rendah, sehingga bisa terjebak dalam kemiskinan.
Berdasarkan hasil Riskesdas Tahun 2018, prevalensi stunting di Kota Probolinggo sebesar 30,5 Angka ini sedikit lebih rendah dibanding Jawa Timur sebesar 32,8 % dan angka nasional yaitu 30.8 % tetapi terdapat disparitas yang terlalu jauh dibandingkan dengan hasil bulan penimbangan pada tahun 2018 dimana persentase stunting di Kota Probolinggo sebesar 19,75% dengan cakupan balita yang ditimbang hanya 73,4 % dari seluruh balita di Kota Probolinggo. Rendahnya Cakupan balita yang ditimbang pada bulan Agustus 2018 inilah yang merupakan salah satu penyebab tingginya disparitas persentase Stunting antara Riskesdas dan Hasil Bulan Penimbangan tahun 2018. Sehingga perlu adanya kegiatan inovatif untuk menggerakkan masyarakat Kota Probolinggo secara masiv dan terstruktur untuk meningkatkan cakupan balita yang ditimbang pada Bulan Penimbangan Agustus 2019 ini untuk percepatan penurunan stunting, terutama sebagai salah satu upaya pemetaan masalah stunting dalam peningkatan kegiatan surveilans gizi di tingkat posyandu.

Upaya penurunan stunting, harus dimulai dari pemetaan suatu masalah terlebih dahulu, yaitu untuk mengetahui besaran dan sebaran masalah stunting di setiap jenjang wilayah, yaitu dari posyandu sebagai unit terkecil. Untuk memperoleh tujuan tersebut, maka harus dilakukan sebuah pengumpulan data secara total couverage, sehingga semua balita yang berada di Kota Probolinggo dapat dideteksi keadaan stuntingnya. Cara yang paling efektif untuk dapat memperoleh sasaran dengan cakupan yang tinggi dilakukan di Bulan Agustus, yang pelaksanaannya disamakan dengan pelaksanaan pemberian kapsul vitamin A, yaitu Gerakan Serentak Timbang Balita di Posyandu (Gertak Talita) pada tanggal 8 Agustus 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *